Minggu, 18 November 2007

Mereka Berbohong Atas Nama Kami ( bagian 2)

Salafyindoensia menyatakan Salah satu kerancuan yang sangat mendasar dalam memahami konsep tauhid dan syirik versi Wahaby adalah kesalahpahaman mereka dalam memaknai konsep tauhid dalam peribadatan (tauhid fil ibadah). Dalam kitab-kitab Mu’jam (katalog bahasa Arab) disebutkan bahwa kata “ibadah” dari sisi bahasa memiliki arti “merendah diri” (khudhu’) ataupun “menghinakan diri” (tadzallul). Hal inilah yang disebutkan oleh Raghib al-Isbahani dan Ibnu Mandhur dalam kitab karya-karya mereka. Jadi, secara bahasa dan arti umum ibadah berartikan menampakkan perendahan diri dan ketaatan. Namun jika dilihat dari sisi istilah yang dipakai dalam akidah Islam dan makna khusus maka ibadah tidak dapat disamaartikan hanya dengan perendahan diri dan ketaatan. Hal itu dikarenakan banyak hal yang dalam kehidupan sehari-hari kita dan termasuk perintah agama yang terdapat teks agama Islam (al-Quran dan Hadis) pun akan masuk kategori ibadah kepada selain Allah; sebagai contoh:

1. Ketundukan dan kepatuhan seorang anak terhadap orang tuanya maka akan tergolong ibadah kepada keduanya:

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua Telah mendidik Aku waktu kecil” (QS al-Isra’: 24).

2. Sujud para Malaikat kepada nabi Adam maka akan masuk kategori peribadatan Malaikat terhadap Adam:

“Dan (Ingatlah) ketika kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah[36] kamu kepada Adam,” Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir”.(QS al-Baqarah: 34)

3. Sujud nabi Ya’qub beserta anggota keluarganya di hadapan nabi Yusuf maka akan tergolong ibadah terhadap Yusuf:

“Dan ia menaikkan kedua ibu-bapanya ke atas singgasana. dan mereka (semuanya) merebahkan diri seraya sujud kepada Yusuf”. (QS Yusuf: 100)

4. Merendahkan diri seorang mukmin terhadap saudaranya sesama mukmin juga akan tergolong beribadah kepadanya:

“Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap merendah (adzillah) terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui”.(QS al-Maidah: 54)

Terus terang saja kami tidak mengetahui apakah salafyindoensia benar-benar pernah membaca karya syaikh muhammad bin abdul wahhab. salafyindonesia diatas sangat jauh dari apa yang dimaksud tauhid uluhiyyah. memahami konsep tauhid uluhiyah yang kami maksud atau tidak, karena contoh-contoh diatas sangat aneh bagi kami bagi mereka yang memahami konsep tauhid uluhiyah yang kami maksud. Pernyataan

Kami sebelumnya mohon maaf jika penjelasannya nantinya terlalu panjang, karena sulit bagi kami menjelaskan tauhid uluhiyah dalam waktu singkat. Jadii kami mohon saudara pembaca bersabar dan membaca tulisan ini hingga selesai agar bisa memahami konsep tauhid uluhiyah yang kami maksud.

Orang-orang kafir Quraisy mengakui ketuhanan ( Rububiyah) Allah

Banyak sekali dari kalangan umat islam yang menganggap kafirnya kaum Quraisy yang memerangi Rasulullah adalah karena mereka tidak mau menerima Allah sebagai Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi, yang telah memberikan rizki kepada kita semua. Sama sekali bukan itu, kaum Quraisy tahu bahwa Tuhan adalah Allah bukan Latta ataupun Uzza dan patung-patung lainnya yang mereka sembah.

Allah berfirman,

Dan jika engkau bertanya kepada mereka, ‘Siapakah yang menciptakan langit dan bumi ?’ Niscaya mereka akan menjawab, ‘yang menciptakan semua itu adalah Yang Maha Perkasa lagi maha Mengetahui’” (QS. Az Zukhruf : 9)

Dan jika engkau bertanya kepada mereka ‘Siapakah yang menciptakan mereka ?’ niscaya mereka akan menjawab Allah.” (QS. Zukhruf : 87)

Katakanlah, ‘Siapakah yang memberi rizki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa ( menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan yang mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan ?’ Pasti mereka akan menjawab : ’Allah’. Maka katakanlah, ‘mengapa engkau tidak mau bertakwa (kepada-Nya)” (QS. Yunus : 31)

Katakanlah kepada mereka, ‘Kepunyaan siapakah bumi ini dan semua yang ada padanya, jika engkau mengetahiu ?’, mereka akan menjawab, ‘Kepunyaan Allah’. Katakanlah ‘Apakah engkau tidak mau sadar ?’ Katakanlah, ‘Siapakah yang mempunyai langit yang tujuh dan mempunyai ‘Arsy yang sangat besar?’ Mereka akan menjawab : ‘kepunyaan Allah’ Katakanlah ‘Mengapa engkau tidak mau bertakwa ?’ Katakanlah ‘Siapakah yang ditangan-Nya ada kekuasaan terhadap segala sesuatu, yang melindungi tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya, jika engkau mengetahui ?” (QS : Al Mu’minum : 84-89)

Bukti yang lainnya adalah nama dari ayah Rasulullah. Abdullah dalam bahasa Indonesia artinya Hamba Allah. Bagaimana mungkin seseorang bernama Abdullah dimana saat itu dakwah islam belum ada kecuali kalau memang sejak awal sebelum islampun orang arab waktu itu sudah mengenal Allah.

Bukankah ayat-ayat dan bukti lainnya diatas menyatakan bahwa orang-orang kafir Quraisy pun mengenal Allah sebagai Tuhan ( dalam hal Rububiyah). Akan tetapi mengakui Rububiyah Allah saja tidak bisa menjadikan mereka seorang muslim. Lalu apa alasan kaum Quraisy waktu itu menolak dakwah Rasulullah ?

Perhatikan fiman Allah berikut :

hai Musa, buatlah untuk kami (Tuhan) berhala sebagaimana mereka mempunyai tuhan-tuhan (berhala).”. Musa menjawab “Sesungguhnya engkau ini adalah kaum yang tidak mengetahui (sifat-sifat Tuhan)”. Sesungguhnya kepercayaan yang dianut mereka itu telah dihancurkan dan akan batal apa yang selalu mereka kerjakan” (QS : Al A’raf : 138-139)

Mengapa ia (Muhammad) hendak menjadikan tuhan-tuhan yang banyak ini mnejadi Tuhan Yang Satu saja ? sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang snagat mengherankan. Dan pergilah pemimpin-pemimpin mereka seraya berkata “Pergilah kamu, dan tetaplah (menyembah) tuhan-tuhanmu, sesungguhnya ini benar-benar sesuatu hal yang dikehendaki (Allah), kami tidak pernah mendengar hal ini pada agama yang terakhir, ini (mengesakan Allah) tidak lainm hanyalah (dusta) yang diada-adakan” (QS : Shad 5-7)

Apakah kaum nabi Musa tidak mengenal Allah sampai-sampai mereka meminta dibuatkan sesembahan berupa berhala ?. tentu saja tidak, kaum nabi Musa mengenal Allah. Demikian juga kaum kafir yang menentang Rasulullah saat ini. Bagaimanapun juga orang arab adalah keturunan nabi Ismail putra Nabi Ibrahim yang jelas-jelas seorang nabi. Sangat wajar kalau bangsa arab sudah mengenal Allah.

Orang-orang kafir Quraisy tidak menganggap bahwa patung—patung yang mereka sembah bisa memberikan manfaat dan madarat kepada mereka

Dari penjelasan kami sebelumnya , para pembaca mungkin akan bingung dan bertanya-tanya. Lho ? kalau memang kaum kafir Quraisy yang memerangi dakwah Rasulullah saat itu meyakini ketuhanan Allah, meyakini bahwa Allah yang menciptakan mereka, bahwa Allah yang mengatur segala urusan, bahwa hanya Allah yang bisa memberi manfaat dan madharat kepada mereka kenapa orang-orang kafir Quraisy masih menyembah patung-patung ? bukannya ini adalah sesuatu yang kontradiktif ?

Justru permasalahan dari konsep tauhid uluhiyah adalah disini. Perhatikan firman Allah berikut :

Mereka mengatakan sesembahan itu adalah pemberi-pemberi syafaat bagi kami disisi Allah” (QS Yunus : 18)

Orang-orang yang menjadikan para wali sebagai sesembahan selain Allah (mereka mengatakan), ‘Tiadalah kami menyembah kepada mereka melainkan kecuali agar mereka mendekatkan diri kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya’” (QS Az Zumar : 3)

Orang-orang musyrik Quraisy waktu itu menganggap bahwa penyembahan mereka kepada Latta dan Uzza dan juga patung-patung lainnya sebagai bentuk Taqarub kepada Allah. Mereka tidak meyakini bahwa patung-patung tersebut yang memberikan rizki kepada mereka, mereka tidak meyakini bahwa patung-patung tersebut bisa memberikan manfaat maupun mudharat kepada mereka.

Dan Allah berfirman :

maka apakah patut kalian (Hai orang-orang musrik) menganggap Lata, Uzza, dan Manat yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak-anak perempuan Allah)? Apakah (patut) untuk kalian (naka) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan? Yang demikian itu tentulah pembagian yang tidak adil. Mereka adalah nama-nama yang diada-adakan oleh kalian dan Bapak-bapak kalian. Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun untuk (menyembah)nya. Pereka tidak lain hanyah mengikuti persangkaan dan apa yang diinginkan hawa nafsu mereka. Sesungguhnya telah dating petunjuk kepada mereka dari Rabb mereka.” (QS An Najm, 19-23)

Kenapa Latta an Uzza ?

l-Hafidz Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan: “Allah Subhanahu wa Ta’ala mencerca kaum musyrikin dengan peribadatan mereka kepada patung-patung, tandingan-tandingan bagi Allah dan berhala-berhala, di mana mereka memberikan rumah-rumah untuk menyaingi Ka’bah yang telah dibangun oleh Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Al-Lata adalah sebutan untuk batu yang terukir di mana di atasnya dibangun rumah dan berada di kota Thaif. Ia memiliki kelambu dan juru kunci dan di sekitarnya terdapat halaman yang diagungkan oleh penduduk Thaif, yaitu kabilah Tsaqif dan yang mengikuti mereka. Mereka berbangga-bangga dengannya di hadapan seluruh kabilah Arab kecuali Quraisy.

Kemudian beliau berkata: “Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma, Mujahid, Rabi’ bin Anas mereka membaca (الاَّتَ) dengan ditasydidkan taa (تَّ) dan mereka menafsirkannya dengan: “Seseorang yang mengadoni gandum untuk para jamaah haji di masa jahiliyyah. Tatkala dia meninggal, mereka i’tikaf di kuburannya lalu menyembahnya.”

Al-Imam Al-Bukhari rahimahullah mengatakan: Telah diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata tentang firman Allah “Al-Latta dan Al-’Uzza.”: “Al-Latta adalah seseorang yang menjadikan gandum untuk para jamaah haji.” (Tafsir Ibnu Katsir, 4/35, lihat Tafsir Al-Qurthubi, 9/66, Ighatsatul Lahfan, 1/184)

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin rahimahullah mengatakan: “Al-Latta dengan bacaan ditasydidkan huruf taa adalah bacaan Ibnu ‘Abbas berdasarkan bacaan ini berarti isim fa’il (bentuk subyek) dari kata ‘latta’ (yang berbentuk) patung, ini asalnya adalah seseorang yang mengadoni tepung untuk para jamaah haji yang dicampur dengan minyak samin lalu dimakan oleh para jamaah haji. Tatkala dia mati, orang-orang i’tikaf di kuburnya lalu mereka menjadikannya sebagai berhala.” (Qaulul Mufid, 1/253)

Secara singkatnya Latta adalah orang yang senantiasa mengaduk gandum untuk dibagikan kepada orang-orang yang berhaji pada waktu itu. Setelah beliau meninbggal orang-orang berkumpul di dekat kuburannya. Kemudian setelah itu mereka membuat patung untuk mengagungkan beliau atas kelebihan beliau. Latta merupakan orang shalih pada zamannya. Dengan kata lain kaum kafir waktu itu menyembah kepada Latta agar mereka lebih bisa didekatkan kepada Allah Azza Wajalla, karena mereka tahu bahwa Latta adalah orang yang shalih sehingga mereka berharap dengan bertaqarrub kepada Latta mereka akan di dekatkan kepada Allah, akan tetapi Allah menyangkal perbuatan mereka itu. Allah mengingkari bahwa mendekatkan diri kepada Latta dan Uzza bisa mendekatkan diri mereka kepada Allah.

Firman Allah ,

Mereka mengatakan sesembahan itu adalah pemberi-pemberi syafaat bagi kami disisi Allah” (QS Yunus : 18)

Orang-orang yang menjadikan para wali sebagai sesembahan selain Allah (mereka mengatakan), ‘Tiadalah kami menyembah kepada mereka melainkan kecuali agar mereka mendekatkan diri kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya’” (QS Az Zumar : 3)

Kesyirikan seperti ini juga terjadi pada Masa Nabi Nuh Alaihissalam firman Allah :

“Nuh berkata: Ya Rabbku, sesungguhnya mereka telah mendurhakaiku dan telah mengikuti orang-orang yang harta dan anak-anaknya tidak menambah kepadanya melainkan kerugian belaka. Dan melakukan tipu daya yang amat besar. Dan mereka berkata jangan sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan-tuhan kalian dan jangan pula sekali-kali kalian meninggalkan (penyembahan) Wadd, dan jangan pula Suwa’, Yaghuts, Yauq dan Nasr. Dan sesungguhnya mereka menyesatkan kebanyakan manusia. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kesesatan.” (Nuh: 21-24)

Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma dalam riwayat Al-Bukhari menyatakan: “Mereka adalah nama-nama orang shalih dari kaum Nabi Nuh ‘alaihissalam. Ketika orang-orang shalih itu mati, tampillah setan menyampaikan kepada orang-orang agar mendirikan di majelis-majelis mereka gambar orang-orang shalih tersebut dan namakanlah dengan nama-nama mereka! Orang-orang pun melakukan hal tersebut dan belum disembah, sampai ketika mereka meninggal dan ilmu semakin dilupakan, maka gambar-gambar itu pun disembah.”

Ibnul Qayyim rahimahullah menyatakan: “Bukan hanya satu ulama salaf yang mengatakan: ‘Mereka adalah orang-orang shalih dari kaum Nuh. Tatkala mereka meninggal, orang-orang i’tikaf di kubur-kubur mereka lalu membuat patung-patung tersebut hingga masa yang sangat panjang, lalu menjadi sesembahan.” Kemudian beliau mengatakan: “Mereka telah menghimpun dua fitnah yaitu fitnah kubur dan fitnah menggambar.” (Ighatsatul Lahfan, 1/184)

Tidak ada komentar: